Tata Cara Umroh Sesuai Sunnah

Tata Cara Umroh Sesuai Sunnah – Dalam kamus besar Bahasa Indonesia arti Umrah/umroh adalah kunjungan (Ziarah) ke tempat suci dengan cara berihram, melakukan tawaf, sai juga bercukur, tanpa ada wukuf di padang Arafah, untuk waktu pelaksanaannya bisa bersamaan dengan waktu haji. Umroh disebut juga haji kecil. Perbedaan antara haji & umroh yaitu umroh dapat dilaksanakan kapan aja atau tidak terpaut waktu, sedangkan haji waktu pelaksanaannya sudah ditentukan. Umroh yg dilaksanakan ketika bulan suci Ramadhan mempunyai nilai yg lebih utama, seperti yg disabdakan nabi Muhammad SAW yg bunyinya sebagai berikut: “umroh pada bulan Ramadhan sama dgn ibadah haji”.

Tata Cara Umroh Sesuai Sunnah perlu diketahui rukun-rukunnya agar ibadah umroh ini dapat berjalan baik & sah, sehingga ibadah yg dilakukan menjadi bernilai & tidak sia-sia. Selain itu mesti dilakukan secara runut & teratur sesuai dengan Tata Cara Umroh Sesuai Sunnah.

Berikut Tata Cara Umroh Sesuai Sunnah beserta dengan Doa’nya

Tata Cara Umroh Sesuai Sunnah
Tata Cara Umroh Sesuai Sunnah
  1. IHRAM

Untuk laki-laki harus memakai pakaian ihram & untuk perempuan memakai pakaian apa saj yg terpenting sempurna menutup suluruh aurat juga tidak menampakkan perhiasan (berlebihan). Sebelum berihram disunahkan agar mandi besar dahulu. Ihram dilakukan di tempat tertentu yg disebut miqat. Tempat miqat diantaranya Masjid Dzul Hulaifah atau Bir Alil, Ji’ronah dan Tan’im.

Setelah berpakaian ihram lalu berniat ihram & mengucapkan:

Tata Cara Umroh Sesuai Sunnah
Tata Cara Umroh Sesuai Sunnah

Setelah melafalkan niat maka kita “resmi” berihram, sehingga berlakulah larangan-larangan ketika berihram. Beberapa larangannya sebagai berikut:

  • Untuk laki-laki tidak boleh memakai tutup kepala juga memakai pakaian yg ada jahitannya. Misalkan kopiah/peci, celana dalam.
  • Tidak boleh memotong kuku, rambut/bulu yg tumbuh di badan.
  • Tidak boleh menutup wajah & telapak tangan bagi wanita
  • Tidak boleh mencabut, memotong atau mematikan tanaman yg berada di tanah haram
  • Tidak boleh menikah atau menikahkan
  • Tidak boleh melakukan hubungan badan (bersetubuh) dengan suami/istri
  • Tidak boleh membunuh, berburu/membantu berburu binatang darat
  • Tidak boleh memakai wangi-wangian atau minyak rambut
  • Tidak boleh mengucapkan kotor/berkata yg tidak baik
  • Tidak boleh bertengkat/berkelahi

 

  1. TAWAF

Setelah melakukan ihram kemudian tawaf. Tawaf adalah berjalan mengelilingi kabah sebanyak 7X putaran, dengan arah berlawanan dengan jarum jam sehingga kabah berada di samping sisi kiri kita. Berjalan dimulai dari letak hajar aswad. 3 putaran pertama berjalan lebih cepat kemudian sisanya berjalan biasa. Sepanjang tawaf melafalkan takbir juga doa yg dikehendaki setelah itu dapat diakhiri dengan membaca doa:

Tata Cara Umroh Sesuai Sunnah
Tata Cara Umroh Sesuai Sunnah
  1. SAI

Setelah tawaf kemudian melakukan sai. Sai adalah berlari-lari kecil dari bukit Shafa menuju bukit Marwah. Cara menghitungnya: dari bukit Shafa menuju Marwah itu dihitung 1X, dan dari bukit Marwah ke Safa itu dihitung 1X. pada saat menaiki bukit Shafa & mengahadap ke kabah, bacalah tahmid dan takbir sebanyak 3X sambil mengangkat kedua tangan. Kemudian bacalah doa (diulang 3x):

Tata Cara Umroh Sesuai Sunnah
Tata Cara Umroh Sesuai Sunnah
  1. BERCUKUR RAMBUT

Setelah melakukan Sai selanjutnya bercukur rambut. Boleh dipotong sebagian saja, atau pendek. Setelah bercukur rambut, maka selesailah rangkaian rukun ibadah umroh tersebut.

Biaya Umroh Rabbani Tour I Umroh Plus Rabbani Tour I Rabbani Tour (Travel Umroh Murah)

Tata Cara Umroh Sesuai Sunnah di atas merupakan tata cara yg disajikan secara ringkas, semoga berguna dan memberikan pengetahuan untuk tuntunan untuk kita semua. Silahkan baca juga Tips Sukses Umroh Mabrur.